Selasa, 07 April 2015

Berkumpul, Silaturahmi Antara Keluarga


Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga hubungan baik dengan keluarga besar dari orangtua kita.

Artinya beberapa anggota keluarga besar dapat bertemu dan berbagi cerita satu sama lain, termasuk juga anak-anaknya. Berkumpul dengan keluarga besar dari ayah atau ibu merupakan salah satu contohnya.

Biasanya, dalam kumpul keluarga besar ini, maka keluarga ayah dan ibu yang paling tua yang akan menjadi tuan rumah, atau jika masih punya kakek nenek, maka disanalah berkumpul.

Selain berdampak positif, karena menjalin silaturahmi, juga akan mencairkan suasana karena masing-masing anggotanya bisa saling menjaga kualitas kekerabatannya. Hanya saja, terkadang hal itu sudah jarang bisa dilakukan, kecuali pada waktu-waktu tertentu saja, contohnya saat lebaran Idul Fitri atau momen lainnya.

Beribu alasan yang menyebabkan beberapa keluarga tidak dapat berkumpul satu sama lain. Dan hal itu berakibat anak dan cucu yang notabebe masih kerabat atau saudara tidak saling mengenal, bahkan jauh. Pertemuan keluarga besar merupakan salah satu cara untuk menjalin silaturahmi sekaligus mengakrabkan antara satu dengan yang lain.

Lebih bagus lagi, bila dalam acara keluarga besar itu diselipkan kegiatan ceramah, berbagi cerita, makan dan doa bersama untuk keselamatan dan keberkahan bagi seluruh anggota keluarga.

Silaturahmi seperti ini menjadikan keluarga besar mendapat berkah dan manfaat yang besar. Dengan begitu, anak pun akan lebih sering bersama-sama dengan saudara sepupu yang lainnya.

Bersilaturahmi bersama keluarga besar tentu membuat keluarga ayah dan ibu semakin kompak dan anak-anak pun akan mengingat kekompakan dengan saudara-saudara lainnya.

Momen hari raya Idul Fitri atau waktu yang sudah ditentukan selalu dihiasi dengan acara saling berkunjung. Kaum muda mengunjungi orang-orang yang lebih tua, keluarga besar berkumpul bersama-sama. Silaturahmi, menyambung hubungan dengan saudara sedarah.

Momen kumpulnya keluarga besar menjadi penting karena pada hari-hari biasa kemungkinan besar sulit untuk bertemu karena kesibukan masing-masing. Hari itu juga menjadi momen yang paling tepat untuk saling mengunjungi dan meminta maaf antara sesame keluarga.

Bagi anak-anaknya, momen berkumpul ini dapat digunakan mengenal keluarga besar, saudara dan kerabat lainnya. Semoga, ajang berkumpulnya keluarga besar yang dilakukan setahun sekali ini bisa membuat anak-anaknya memiliki kesempatan untuk mengenal saudara-saudara lainnya.



Faris Kasyfi Aziz

About Faris Kasyfi Aziz

FARIS KASYFI AZIZ | Mahasiswa FidKom - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Semester 3 di UIN SGD Bandung | Tinggal di Jatiasih Kota Bekasi, Jawa Barat.

Subscribe to this Blog via Email :