Rabu, 08 April 2015

Lebaran Menyenangkan di Gombong Kebumen


Kesempatan liburan idul fitri tahun 1434 H atau tahun 2013, dua tahun lalu, dihabiskan di kampung umi aku, Desa Jatimulyo, Kecamatan Kwarasan, Gombong, Kebumen, Jawa Tengah bersama keluarga tercinta.

Mudik ke Gombong memang tidak jarang dilakukan, tapi mudik kali ini memiliki kesan tersendiri, saya bersama orangtua dan juga adik sengaja untuk silahturahmi ke orang mbah kakung.

Aku bersama keluarga pulang kampung ke rumah keluarga besar dari umi. Tradisi mudik menjadi kegiatan yang dilakukan ketika libur Lebaran. Aku dan keluarga termasuk yang memanfaatkan waktu liburan Idul Fitri 1434 H ini untuk pergi mudik, tempat kampung umiku.

Aku dan keluarga pergi mudik Kamis sore pas Lebaran hari pertama, Kamis 8 Agustus 2013. Sedangkan tahun sebelumnya, aku sekeluarga berlebaran di Desa Nagrak, Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat, tempat keluarga besar abiku. Biasanya, saat idul fitri, aku dan keluarga lebaran dulu di Bekasi.

Selama empat hari, aku bersama adik dan orangtua berada di Gombong berkumpul bersama keluarga besar dari istri.

Lebaran idul fitri tahun ini aku jadikan waktu istrirahat sejenak dari rutinitas sekaligus berkumpul bersama keluarga besar di kampung.

Senang rasanya bisa bertemu dengan keluarga umiku mulai dari mbah kakung dan mbah putri, adik umiku, serta keluarga besar umiku lainnya.

Saling bermaaf-maafan, sekaligus berlepas kangen. Banyak aktifitas yang dilakukan disana, karena saat yang bersamaan sedang panen sawah punya mbah kakung

Aku, adik dan kedua orangtua sendiri tidak punya ritual khusus untuk lebaran. Ketika lebaran, serundeng dan rendang menjadi salah satu makanan favorit keluarga. Tiba di Gombong, Jumat dinihari 9 Agustus 2013 pukul 04:35 WIB dan bertemu keluarga besar istri sekaligus maaf-maafan. Alhamdulillah.



Faris Kasyfi Aziz

About Faris Kasyfi Aziz

FARIS KASYFI AZIZ | Mahasiswa FidKom - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Semester 3 di UIN SGD Bandung | Tinggal di Jatiasih Kota Bekasi, Jawa Barat.

Subscribe to this Blog via Email :

2 komentar

Write komentar