Jumat, 09 Oktober 2015

Masjid Ilaa Khoiri Ummah Pasirbiru Kota Bandung


BANDUNG -- Mungkin tidak banyak warga Bandung yang mengenal Masjid Ilaa Khoiri Ummah atau biasa disebut Masjid IKU. Masjid itu memang tidak terletak di pinggir jalan utama atau strategis. Untuk mencapainya, harus ke Pasirbiru, berdiri di belakang kampus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung.

Masjid IKU yang terletak di Jalan Kosambi RT 002 RW 03 Kelurahan Pasirbiru Kecamatan Cibiru, Kota Bandung ini dibangun pada tahun 2000 yang berasal dari keluarga salah satu pembesar Muhammadiyah bernama Surori.

Sayangnya, tidak banyak literatur sejarah resmi yang membahas sejarah Masjid ini. Sumber yang bisa memberikan penjelasan tentang Masjid IKU ini sudah meninggal, sedang yang lainnya sudah pindah ke Masjid lain yang jaraknya cukup jauh.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Undang, salah satu pengurus masjid IKU, rencana awal pembangunan masjid ini adalah 3 lantai, namun ketika baru 1 lantai pembangunan masjid ini dihentikan karena adanya masalah keluarga dan sejak saat itu lantai 2 masjid IKU ini belum diteruskan lagi pembangunannya.

Undang juga menceritakan awal sebelum masjid ini dibangun dinamakan Masjid Ilaa Khoiri Ummah al-Muhammadiyah. Namun masyarakat Kelurahan Pasirbiru tidak setuju dengan pembangunan masjid ini, karena mayoritas warga di sekitar pembangunan masjid tersebut adalah warga Nahdhatul Ulama (NU).

“Akhirnya warga nahdhiyin meminta nama masjid tersebut diganti menjadi Ilaa Khoiri Ummah saja, ini demi menghormati masyarakat sekitar yang kebanyakan warga Nahdhatul Ulama,” ujar Undang di Bandung, Kamis (8/10/2015). (*/FKA)



Faris Kasyfi Aziz

About Faris Kasyfi Aziz

FARIS KASYFI AZIZ | Mahasiswa FidKom - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Semester 3 di UIN SGD Bandung | Tinggal di Jatiasih Kota Bekasi, Jawa Barat.

Subscribe to this Blog via Email :