Jumat, 09 Oktober 2015

Adaptasi dalam Perubahan


Ada sejumlah relatif kecil dari hal-hal yang dapat kita kontrol dengan beradaptasi yang hampir tak terbatas. Dan mereka yang mencoba untuk melakukan kontrol mutlak, maka terkadang jarang pernah berhasil untuk waktu yang lama. Tetapi sebaliknya, mereka yang belajar bagaimana beradaptasi maka ia dapat berkembang tanpa batas di hampir setiap situasi.

Terkadang kita tahu tentang hal segala sesuatu yang telah terjadi. Meskipun kita berencana untuk itu dan bekerja untuk membentuknya, maka masa depan dalam banyak hal besar tidak diketahui. Ketika bertualang ke tempat yang tidak diketahui, mungkin strategi yang paling konsisten sukses adalah ia mau dan mampu beradaptasi.

Ketika kita bisa beradaptasi, maka perubahan akan menjadi teman kita. Dan perubahan adalah sesuatu yang sangat melimpah dalam hidup ini. Nenek moyang kita terus belajar untuk beradaptasi. Jika mereka tidak berhasil dalam beradaptasi, maka tentunya kita tidak akan berada di sini.

Beradaptasi dengan perubahan kondisi tidak berarti menyerah atau mengorbankan nilai-nilai yang kita pegang teguh. Ini tidak berarti kita harus mengubah siapa diri kita. Ia akan datang untuk menghargai realitas situasi kita dan kemudian melanjutkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Mereka yang terus mencari kontrol mutlak, maka tidak pernah benar-benar mendapatkannya, sementara mereka yang dapat beradaptasi dalam perubahan, maka ia akan benar-benar tegas dalam kontrol. (FKA)



Faris Kasyfi Aziz

About Faris Kasyfi Aziz

FARIS KASYFI AZIZ | Mahasiswa FidKom - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Semester 3 di UIN SGD Bandung | Tinggal di Jatiasih Kota Bekasi, Jawa Barat.

Subscribe to this Blog via Email :