Senin, 26 Oktober 2015

Anak-Anak Belajar Mengaji Bersama di Masjid IKU Bandung


BANDUNG - Belajar mengaji merupakan tanggung jawab individu seorang muslim. Apalagi mempelajari Alquran yang merupakan bacaan wajib bagi umat muslim sebagai pedoman hidup, mulai dari cara beribadah hingga menghormati orang lain dan aspek-aspek lainnya.

Masjid Ilaa Khoiri Ummah atau Masjid IKU, Kota Bandung tetap istiqamah mempertahankan kearifan lokal yang ada di tengah masyarakat. Sejak masjid IKU berdiri sampai hari ini, anak-anak di lingkungan sekitar tiap Senin-Jumat masih mengaji bersama usai shalat magrib. Selepas shalat maghrib, anak-anak langsung membuat halaqah untuk belajar mengaji bersama ustadz mereka.

Mereka diajarkan cara membaca Alquran yang baik dan benar, kemudian disuruh menghafal beberapa surat dalam Alquran untuk nantinya disetorkan kepada ustadz mereka sekaligus mengasah kemampuan mengingat mereka. “Selain belajar Alquran mereka juga diajarkan pelajaran-pelajaran tentang agama seperti aqidah akhlak, fiqih, hadits dan lainnya,” ujar Aris, salah satu pengajar mengaji anak-anak di masjid IKU.

Aris menambahkan, anak-anak pengajian masjid IKU merasa sangat senang, karena selain belajar Alquran juga diajarkan pelajaran tentang agama. “Biasanya kami diajarkan materi-materi tentang cara berwudhu dengan benar, cara belajar sopan santun kepada orang yang lebih tua, juga belajar shalat dengan khusyu dan lainnya,” kata Zaki, salah satu murid pengajian Masjid IKU, Kamis (22/10/2015) lalu.

Selain belajar mengaji mereka juga diberikan sebuah permainan menarik yaitu permainan melanjutkan ayat Alquran. Jika berhasil, mereka akan mendapatkan takbir dan tepuk tangan dari teman-teman lainnya, bagi yang belum bisa melanjutkan ayat Alquran akan terus diberi semangat agar selalu menghafal Alquran. (FKA)



Faris Kasyfi Aziz

About Faris Kasyfi Aziz

FARIS KASYFI AZIZ | Mahasiswa FidKom - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Semester 3 di UIN SGD Bandung | Tinggal di Jatiasih Kota Bekasi, Jawa Barat.

Subscribe to this Blog via Email :